Beranda | Artikel
Doa Keluar Masjid
1 hari lalu

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa Keluar Masjid ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 7 Safar 1446 H / 12 Agustus 2024 M.

Kajian Tentang Doa Keluar Masjid

Kita kembali mengkaji fiqih doa dan dzikir pada seri nomor 218 dengan tema doa keluar masjid. Sebelumnya, kita telah menyelesaikan pembahasan tentang doa masuk masjid dalam dua seri. Hari ini, kita akan memasuki pembahasan berikutnya, yaitu doa keluar masjid.

Sebagaimana doa masuk masjid memiliki beberapa redaksi, doa keluar masjid pun memiliki beberapa redaksi yang akan kita bagi menjadi beberapa bagian. Hari ini, kita akan membaca salah satu doa yang sangat familiar, yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ، وَالسَّلَامُ عَلَىٰ رَسُولِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Dengan nama Allah, semoga keselamatan tercurah kepada Rasulullah. Ya Allah, aku memohon karunia-Mu.”

Dalil Landasan Doa Keluar Masjid

Hadits pertama:

عَنْ فَاطِمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْمَسْجِدِ، قَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ”

Dari Fatimah Radhiyallahu ‘Anha, dia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila keluar dari masjid, beliau membaca, ‘Bismillah, wassalamu ‘ala Rasulillah (Dengan menyebut nama Allah, semoga keselamatan terlimpahkan kepada Rasulullah).`” (HR. Imam Ahmad dan dikategorikan shahih lighairihi oleh Syuaib al-Arna’ut)

Hadits Kedua:

عَنْ أَبِي أُسَيْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِذَا خَرَجَ أَحَدُكُمْ مِنَ الْمَسْجِدِ، فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ”

Dari Abu Usaid Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian keluar dari masjid, hendaklah ia membaca: ‘Allahumma inni as’aluka min fadlik (Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu karunia-Mu).`” (HR. Muslim)

Renungan Kandungan

Uraian dalam doa keluar masjid ini menekankan tiga bagian penting:

  1. Bismillah: Diucapkan untuk memohon pertolongan Allah dalam setiap aktivitas, baik duniawi maupun ukhrawi. Dengan menyebut nama Allah, seseorang mengharapkan bantuan dan pertolongan dalam segala tindakan, termasuk dalam aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berdagang, hingga beribadah.
  2. Wassalamu ‘ala Rasulillah: Ucapan ini adalah bentuk penghormatan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena setiap ibadah yang kita lakukan merupakan ajaran dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Meskipun Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah dijamin keselamatannya oleh Allah, kita tetap diperintahkan untuk mendoakan beliau sebagai bentuk cinta dan demi mendapatkan pahala.
  3. Allahumma inni as’aluka min fadlik: Bagian ini adalah permohonan kepada Allah untuk diberikan karunia setelah keluar dari masjid, terutama karunia rezeki. Ini menekankan pentingnya bekerja dengan cara yang halal dengan terus mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meskipun rezeki telah dijamin oleh Allah, kita tetap perlu berikhtiar dengan bekerja secara halal.

Bagaimana cara mengingat Allah ketika bekerja? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54373-doa-keluar-masjid/